PENGARUH GREEN MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PEMBELIAN ULANG DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green marketing, kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dengan pembelian ulang sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen The Body Shop di Kota Semarang . Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan metode non probability sampling. Jenis data yang digunakan bersumber dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dengan metode analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan software Amos. Hasil penelitian menujukkan bahwa green marketing berpengaruh negatif terhadap pembelian ulang, serta adanya pengaruh positif dan signifikan dari green marketing terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh kualitas produk terhadap kualitas pelanggan, pengaruh kualitas produk terhadap pembelian ulang, pengaruh green marketing dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian ulang sebahai intervening. Temuan empiris tersebut mengidentifikasi bahwa untuk meningkatkan keputusan pembelian ulang perlu memperhatikan faktor-faktor seperti harga dan juga promosi, karena faktor tersebut mempengaruhi tinggi rendahnya pengaruh dalam green marketing. Kata kunci: green marketing, kualitas produk, kepuasan pelanggan, pembelian ulang
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain