PENGARUH MOTIVASI, PERILAKU BELAJAR, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, LINGKUNGAN KAMPUS, DAN AKTIVITAS MENGIKUTI KEGIATAN DIKAMPUS TERHADAP PESTASI AKADEMIK MAHASISWA (Studi pada Mahasiswa di Semarang)
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor ? faktor yang mempengaruhi Prestasi akademik pada mahasiswa di Semarang. Faktor yang diperkirakan mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa adalah motivasi, perilaku belajar, status sosial ekonomi orang tua, lingkungan kampus, dan aktivitas mengikuti kegiatan di kampus. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling, sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan menyerahkan kuesioner yang telah disiapkan kepada responden agar dapat diisi oleh responden dengan baik, teknis analis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linear berganda. Berdasarkan uji t yang dilakukan hasil menunjukkan bahwa variabel motivasi, perilaku belajar, status sosial ekonomi orang tua, dan aktivitas mengikuti kegiatan dikampus berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa, sedangkan variabel lingkungan kampus tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa. Hasil penelitian ini diperoleh adjusted R2 sebesar 0,604. Hal ini berarti sebesar 60,4 % variabel prestasi akademik dapat dijelaskan oleh motivasi, perilaku belajar, status soial sosial ekonomi orang tua, lingkungan kampus, dan aktivitas mengikuti kegiatan di kampus, sedangkan sisanya 39,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Kata Kunci : Motivasi, Perilaku Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Kampus, Aktivitas Mengikuti Kegiatan di kampus, Prestasi Akademik Mahasiswa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain