Analisis Pengukuran Kinerja Dengan Metode Balance Scorecard (Studi Kasus Pada RSUD Tugurejo Semarang)
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja RSUD Tugurejo Semarang dengan menggunakan metode Balance Scorecard. Selama ini pengukuran RSUD Tugurejo Semarang masih bersifat internal dan lebih berfokus pada aspek keuangan. Oleh karena itu, pengukuran kinerja dengan metode Balance Scorecard (perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis interal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran) memberikan solusi pengukuran kinerja yang lebih menyeluruh dan komprehensif.
Data diperoleh melalui proses wawancara dan data sekunder RSUD Tugurejo Semarang. Pengukuran kinerja pada perspektif keuangan dilihat dari pertumbuhan pendapatan dan perubahan biaya. Perspektif pelanggan dilihat dari akuisisi pelanggan retensi pelanggan dan kepuasan pelanggan. Perpektif bisnis internal dilihat dari proses inovasi, operasi dan respond times. Sedangkan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dilihat dari kapabilitas karyawan dan retensi karyawan.
Dari hasil penelitian, pengukuran kinerja RSUD Tugurejo Semarang dengan menggunakan metode Balance Scorecarddapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat beberapa variansi pencapaian hasil. Perspektif keuangan dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dinilai cukup. Sedangkan dua perpektif lainnya dinilai baik. Maka pengukuran kinerja dengan menggunakan metode Balance Scorecard tepat untuk digunakan pada RSUD Tugurejo Semarang.
Kata kunci : Kinerja, Rumah Sakit, Balance Scorecard.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain