PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI MANFAAT, KEBUTUHAN INTERAKSI, PERSEPSI RISIKO, DAN PENGARUH SOSIAL TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN MOBILE BANKING (STUDI PADA NASABAH DI WILAYAH KOTA SEMARANG)
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat seseorang dalam menggunakan layanan mobile banking di wilayah Kota Semarang. Faktor yang diperkirakan mempengaruhi niat seseorang dalam menggunakan layanan mobile banking adalah persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, kebutuhan interaksi, persepsi risiko dan pengaruh sosial. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling, sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang merupakan pengguna layanan mobile banking. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linear berganda. Berdasarkan uji T yang dilakukan, maka hasil penelitian menunjukkan persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, persepsi risiko dan pengaruh sosial berpengaruh positif sedangkan kebutuhan interaksi berpengaruh negatif terhadap niat menggunakan mobile banking. Hasil penelitian ini diperoleh nilai adjusted R2 sebesar 0,610, hal ini berarti sebesar 61,0% variabel niat menggunakan mobile banking dapat dijelaskan oleh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, kebutuhan interaksi, persepsi risiko dan pengaruh sosial, sedangkan sisanya 39,0% dijelaskan oleh variabel lain. Kata kunci : persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, kebutuhan interaksi, persepsi risiko, pengaruh sosial dan niat menggunakan mobile banking
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain