Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat dalam Menggunakan Layanan Perbankan Mobile Banking di Semarang
ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, persepsi kepercayaan, keamanan, risiko dan kesesuaian terhadap minat masyarakat dalam menggunakan layanan mobile banking di Semarang dengan mendasarkan konsep Technology Acceptance Model. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik survey dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada responden. Sampel pada penelitian ini yaitu nasabah PT. Bank Central Asia, Tbk di Semarang sebanyak 100 responden dengan teknik purposive sampling. Hasil pengujian menunjukan bahwa variabel persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, persepsi kepercayaan, keamanan, risiko dan kesesuaian mampu menjelaskan variasi minat menggunakan mobile banking sebesar 64,6% sedangkan sisanya merupakan faktor lain yang tidak masuk dalam model penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, persepsi kepercayaan, keamanan, risiko dan kesesuaian berpengaruh positif signifikan terhadap minat masyarakat dalam menggunakan mobile banking di Semarang. Kata Kunci: Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kepercayaan, Keamanan, Risiko, Kesesuaian, Minat Menggunakan Mobile Banking
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain