ANALISIS PENGARUH FAKTOR MAKRO EKONOMI, PANGSA PASAR, KARAKTERISTIK BANK TERHADAP PROFITABILITAS (STUDI PADA BANK UMUM KONVENSIONAL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)
Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh faktor makro ekonomi yang diukur dengan pertumbuhan Gross Domestic Product (GDP) dan inflasi, pangsa pasar yang diukur dengan pangsa pemberian kredit dan karakteristik bank yang diukur dengan Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR), Net Interest Margin (NIM), ukuran perusahaan (size) terhadap Return On Asset (ROA) pada Bank Umum konvensional Indonesia yang go publik di Bursa Efek Indonesia. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4 (empat) tahun, yaitu tahun 2013 sampai dengan tahun 2016. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Laporan Tahunan. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum konvensional Indonesia yang go publik di Bursa Efek Indonesia periode 2013 sampai 2016 dengan jumlah 39 bank. Pemilihan sampel ditentukan dengan metode purposive sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 29 bank dengan total 116 data. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji kelayakan model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan Gross Domestic Product (GDP), inflasi, Loan to Deposit Ratio (LDR) dan ukuran perusahaan (size) tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap terhadap Return On Asset (ROA). Variabel pangsa pasar, Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Net Interest Margin (NIM) berpengaruh positif signifikan terhadap Return On Asset (ROA), sedangkan variabel Non Performing Loan (NPL), berpengaruh negatif signifikan terhadap Return On Asset (ROA). Kata Kunci : Makro Ekonomi, Pangsa Pasar, Karakteristik Bank, Profitabilitas.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain