ANALISIS PENGARUH PELAYANAN PRIMA (SERVICE EXCELLENT) TERHADAP LOYALITAS NASABAH (STUDI PADA NASABAH BANK BRI CABANG SEMARANG PANDANARAN)
ABSTRAK : NALISIS PENGARUH PELAYANAN PRIMA (SERVICE EXCELLENT) TERHADAP LOYALITAS NASABAH (STUDI PADA NASABAH BANK BRI CABANG SEMARANG PANDANARAN)
Banyaknya pesaing menyebabkan bank harus berusaha keras untuk mempertahankan nasabah agar tetap loyal. Kualitas pelayanan merupakan salah satu kunci untuk memperoleh loyalitas nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh terhadap loyalitas nasabah BRI cabang Semarang Pandanaran. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan BRI cabang Semarang Pandanaran. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis diperoleh bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap loyalitas nasabah adalah signifikan. Hasil ini mengindikasikan bahwa naik turunnya loyalitas nasabah BRI cabang Semarang Pandanaran tergantung naik turunnya tingkat kualitas pelayanan yang diberikan oleh bank. Nilai Adjusted R? sebesar 0,539 hal ini menunjukkan bahwa variasi loyalitas nasabah bank BRI cabang Semarang Pandanaran dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan sebesar 53,9% sedangkan sisanya 45,1% dijelaskan oleh variable lain diluar model.
Kata kunci: kualitas pelayanan, loyalitas nasabah
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain