ANALISIS KUALITAS LAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DENGAN WORD OF MOUTH (WOM) SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis apakah ada pengaruh antara Kualitas Layanan, Fasilitas dan Word Of Mouth (WOM) terhadap Kepuasan Pelanggan. Objek yang diteliti adalah pengunjung Desa Wisata Kandri di Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Desa Wisata Kandri di Semarang dengan jumlah 100 pengunjung yang dijadikan sebagai responden.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Layanan dan Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Word Of Mouth (WOM) dengan nilai koefisien determinasi (adjusted R2) sebesar 0,417 menunjukkan bahwa pengaruh Kualitas Layanan dan Fasilitas terhadap WOM sebesar 4,17% sedangkan sisanya 58,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan kedalam model penelitian. Hasil penelitian untuk variabel Kualitas Layanan, Fasilitas Word Of Mouth (WOM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai koefisien determinasi (adjusted R2) sebesar 0,533 menunjukkan bahwa pengaruh Kualitas Layanan, Fasilitas Word Of Mouth (WOM) terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 5,33% dan sisanya 46,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan kedalam model penelitian.
Kata kunci: Kualitas Layanan, Fasilitas, Word Of Mouth (WOM) dan Kepuasan Pelanggan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain