PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Nasabah PD. BPR.BKK Cabang Banyumanik Kota Semarang)
ABSTRAK : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan metode analisis path. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara langsung variabel kualitas pelayanan, kepercayaan berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas dan secara tidak langsung langsung kualitas pelayanan, kepercayaan berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah. Data dalam Tabel 4.19 menunjukkan nilai R Square sebesar 0,587, hal ini menunjukan bahwa 58,7% variabel independen dan variabel intervening mampu menjelaskan variabel dependen. Variabel kualitas pelayanan, variabel kepercayaan dan variabel kepuasan mampu menjelaskan variabel loyalitas nasabah, sedangkan sisanya sebesar 41,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: kualitas pelayanan, kepercayaan, kepuasan nasabah, loyalitas nasabah.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain