PENGARUH POSITIONING, DIFFERENTIATION, DAN BRAND TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA KONSUMEN MINUMAN DALAM KEMASAN MOUNTEA KOTA SEMARANG)
ABSTRAK : Salah satu strategi yang digunakan oleh manajer dalam meningkatkan kinerja keuangan perusahaan adalah menerapkan strategi merger/akuisisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah merger/ akuisisi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kinerja keuangan diukur dengan rasio-rasio keuangan seperti rasio profitabilitas yang diwakili Return On Assets (ROA), rasio leverage yang diwakili Debt to Equity Ratio (DER), rasio likuiditas yang diwakili Current Ratio (CR), dan rasio aktivitas Total Asset Turn Over Ratio (TATO). Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif, yaitu mengambil data seluruh perusahaan public non keuangan yang melakukan merger/akuisisi di Bursa Efek Indonesia dengan rentang waktu antara tahun 2011-2012. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga tahun sebelum dan tiga tahun sesudah merger/akuisisi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode porposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ada didapatkan 10 perusahaan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu menggunakan uji paired sample t-test dan wilcoxon sign rank test. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa sesudah merger dan akuisisi, kinerja keuangan perusahaan sektor non keuangan mengalami perbedaan pada rasio likuiditas dan aktivitas dan profitabilitas, sedangkan rasio leverage tidak terdapat perbedaan. Kata kunci : Merger, Akuisisi, Kinerja keuangan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain