ANALISA PENGARUH KREATIVITAS IKLAN DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN EFEKTIVITAS IKLAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Pengguna Produk Scarlett Whitening di Kota Semarang)
ABSTRAK
Salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan pangsa pasar adalah
dengan beriklan. Iklan yang kreatif dan penggunaan selebriti dianggap mampu menarik perhatian
audiens untuk melakukan pembelian suatu produk. Maka dari itu sebisa mungkin iklan harus
efektif agar memberikan pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis antara pengaruh kreativitas iklan dan celebrity endorser terhadap keputusan
pembelian menggunakan efektivitas iklan sebagai mediasi. Sampel penelitian yang digunakan
berjumlah 96 responden yaitu pengguna produk Scarlett Whitening di Kota Semarang. Metode
pengambilan sampel dengan pendekatan Non Probability Sampling dengan teknik Purposive
Sampling. Uji statistik dilakukan dengan menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kreativitas iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, kreativitas iklan
juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui mediasi efektivitas iklan.
Sedangkan celebrity endorser tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, tetapi
celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui mediasi
efektivitas iklan.
PDF0966Sk | M22 NOR a | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain