Jurnal Thesis PDF
Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Kpri Nusantara Berkah Bersama Uin Walisongo
Abstrak
KPRI Nusantara Berkah Bersama UIN Walisongo melakukan pengembangan program koperasi, seperti peningkatan usaha, kerjasama dengan perusahaan lain hingga mengoptimalkan berbagai sektor, tidak hanya pada simpan pinjam saja, namun ditemukan bahwa masih ditemukan beberapa permasalahan, seperti adanya kredit macet dari pinjaman berjangka dimana anggota terkadang lalai sehingga angsuran pribadi (tidak potong gaji) ini menjadi menumpuk. Penelitian ini merupakan suatu pendekatan kuantitatif berdasarkan prinsip penelitian empiris rasional, dimana peneliti merumuskan masalah dan hipotesis yang akan diuji berdasarkan kriteria dan alat analisis yang telah ditentukan. Hasil menunjukkan relationship marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction, customer satisfaction berpengaruh positif serta signifikan terhadap customer loyalty, relationship marketing berpengaruh positif serta signifikan terhadap customer loyalty dan relationship marketing berpengaruh terhadap semakin tinggi customer satisfaction. Relationship marketing memberi informasi yang baik dan kemampuan menarik serta meyakinkan orang lain dalam upaya meningkatkan customer satisfaction dan customer loyalty. Pelanggan yang puas akan meningkatkan hubungan jangka panjang dengan saling percaya, dan menjaga hubungan baik.
Kata kunci: Relationship Marketing, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan
PDF0028TH | MM23 SUD p | Tersedia | |
RF2309151 | MM23 SUD p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain