Jurnal Thesis PDF
Pengaruh Kepuasan Berbasis Transaksi Dan Pengalaman Kepuasan Terhadap Intensi Beralih Dengan Moderasi Kepercayaan
Pasar lampu LED sangat kompetitif sehingga perilaku konsumen dapat dibagi menjadi dua kategori: mereka yang bersedia membeli berulang kali dan mereka yang bersedia berganti merek/produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak kepuasan berbasis transaksi dan kepuasan pengalaman pada niat beralih, apakah kepercayaan mengurangi kepuasan berbasis transaksi, dan pengaruh kepuasan pengalaman terhadap niat beralih.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini dicatat dengan menggunakan metode sampling bertarget purposive sampling. Sample yang menggunakan lampu POTENS minimal 2 kali pembelian yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti, pelanggan lampu POTENS yang berada di Jawa Tengah & Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampel yang dipilih adalah individu atau pelanggan yang mudah ditemukan atau didekati oleh peneliti. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang digunakan adalah 228 data sampel. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Metode analisis yang digunakan adalah analisis persamaan struktural (SEM) dengan menggunakan analisis Smart PLS Versi 3 (Partial Least Square).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan berbasis transaksi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap niat beralih, artinya sesuai dengan hipotesis dimana kepuasan berbasis transaksi berpengaruh signifikan terhadap niat beralih. Kepuasan berdasarkan pengalaman berpengaruh negatif dan signifikan terhadap niat beralih, artinya sesuai dengan hipotesis dimana kepuasan berdasarkan pengalaman berpengaruh signifikan terhadap niat beralih. Kepercayaan bertindak sebagai variabel moderasi dari pengaruh kepuasan berbasis transaksi pada niat beralih. Namun, kepercayaan tidak bertindak sebagai variabel moderasi dari pengaruh kepuasan pengalaman pada niat beralih.
Kata kunci: kepuasan berbasis transaksi, pengalaman kepuasan, kepercayaan, intensi beralih
PDF1099Sk | MM22 SUP p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain